Andalkan Potensi Bahari dan Maritim, Wisata Pariaman Makin Berkembang - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 Oktober 2017

Andalkan Potensi Bahari dan Maritim, Wisata Pariaman Makin Berkembang

Efendi Jamal :  Pemko Ikut Support Anggaran


Pariaman, (Reportase Sumbar)---Potensi wisata Kota Pariaman dewasa ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal itu tentunya tidak terlepas dari berbagai potensi serta daya tarik wisata yang dimilikinya. Terutama tentunya potensi pesisir dan perairan laut Pariaman yang memang dikenal dengan daya tariknya, berupa pesona pantai dan potensi pesona baharinya yang begitu indah, dengan diitari beberapa pulau-pulau kecil, sehingga mampu menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang berkunjung ke kota yang terletak di kawasan pesisir Barat Pulau Sumatera ini.

Dengan alasan itulah, tak heran bila Pemko Pariaman saat ini sangat serius membenahi berbagai sarana dan parasarana wisata di daerah ini. Hal itu setidaknya terlihat dari berbagai program pembangunan yang digagas jajaran Pemko Pariaman di sepanjang  perairan pantai Pariaman. Demikian pula halnya dengan melengkapinya dengan berbagai sarana dan fasilitas pendukung lainnya. Seperti halnya pengadaan fasilitas kapal untuk mengangkut penumpang ke pulau Angso Duo dan lain sebagainya.

Demikian pula fasilitas pendukung di sekitar pulau-pulau kecil lainnya yang ada di sekitar perairan laut Kota Pariaman, sebur saja misalnya di sekitar kawasan pulau Anso Duo, yang saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas dermaga pendaratan kapal wisata, yang biasa mengangkut pengunjung wisata ke lokasi yang dikenal dengan kuburan panjangnya itu.

Pun demikian halnya fasilitas pendukung yang ada di sekitar vpulau Anso Duo, seperti fasilitas Gabuo, yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat, fasilitas jalan setapak dan sejenisnya juga siap memanjakan para pengunjung yang ingin mengisi hari libur mereka di pulau berpasir putih tersebut.

Singkatnya, melaui berbagai program yang dilakukan tersebut, jajaran Pemko Pariaman, agaknya benar-benar ingin mengoptimalkan beragam potensi bahari yang dimiliki oleh kota yang terdiri dari empat kecamatan ini. Juga tidak kalah pentingnya, hal itu tentunya juga dilesaraskan dengan program pemerintah pusat, yaitu bagaimana menjadikan negara Indonesia, sebagai poros maritim utama dunia. Dalam hal ini Kota Pariaman tentunya menjadi bagian penting dari upaya tersebut, khususnya sebagai penyangga poros maritim nasional.


Kenyataan itu tidak ditampik Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal, saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin. Menurutnya, keseriusan Pemko Pariaman dalam mengembangkan potensi bahari yang dimilikinya antara lain terlihat dari beragam program yang telah disiapkan jajaran Pemko Pariaman, sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

"Jadi program pengembangan wisata, atau upaya pengoptimalan potensi bahari yang ada di Kota Pariaman ini tidak hanya berlangsung saat ini saja, namun sifatnya berkelanjutan, yang berlangsung dari tahun ke tahun, hingga pada saat ini," terangnya.

Efendi Jamal menyebutkan, selain membenahi dan merevitalisasi sejumlah objek wisata yang ada di Kota Pariaman, untuk menambah daya tarik wisata ke Kota Pariaman, Pemko Pariaman juga aktif menggelar sejumlah iven penting. Mulai dari iven tingkat Sumbar, hingga tingkat nasional.

"Beberapa iven internasional yang digelar di Kota Pariaman ini sejak beberapa tahun terakhir, seperti Triatlon, parade busana, demikian pula  Festival Budaya Tabuik yang rutin digelar setiap tahunnya, di samping sejumlah ivent penting lainnya," terangnya.

Selain itu juga ada festival tradisional lainnya, seperti Festival Pesona Pantai Gandoriah, yang dimeriahkan dengan sejumlah aneka lomba, seperti lomba maelo pukek, lomba masak tradisional kapalo ikan, di samping ada pula iven pesta pantai yang biasa digelar setiap tahunnya, saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Secara umum, seluruh rangkaian kegiatan tersebut umumnya dipusatkan di sekitar kawasan Pantai Pariaman, yang selama ini merupakan ikon utama destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman," bebernya.

Diakuinya, berdasarkan pengalaman yang ada, belakangan terbukti berbagai iven yang digelar di sejumlah objek wisata di Kota Pariaman itu mampu menarik perhatian luas dari berbagai pihak, khususnya bagi pengunjung wisata. Hal itu setidaknya terlihat dari peningkatan jumlah wisatawan setiap tahunnya. "Bahkan tidak hanya wisatawan domestik, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kota Pariaman juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Seperti terlihat baru-baru ini, saat penyelenggaraan iven Pesta Budaya Tabuik, yang juga cukup banyak dihadiri wisatawan mancanegara," imbuhnya.

Menariknya, selain aktif membenahi sejumlah objek wisata, untuk menambah daya tarik kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman, namun tidak berarti pelestarian terhadap kawasan pesisir menjadi terabaikan begitu saja. Pasalnya, pihak Pemko Pariaman menyadari betul akan arti penting dari potensi bahari yang dimilikinya. "Karena kita sadar sepenuhnya, bahwa potensi yang dimiliki Kota Pariaman ini tidaklah banyak yang bisa diandalkan. Salah satunya, ya potensi bahari ini. Makanya kita juga merasa berkewajiban untuk memelihara, menjaga dan melestarikannya," terangnya.

Disebutkan, diantara program pelestarian terhadap sumber daya bahari yang ada di Kota Pariaman antara lain terlihat dengan hadirnya kelompok pecinta lingkungan yang tergabung dalam Klub Pengelola Terumbu Karang, yang saban waktu selalu aktif melakukan pengawasan, memelihara dan menjaga kelestarian terumbu karang yang ada di sekitar perairan pantai Pariaman.

Begitu pula, bagi para pengunjung  yang ingin berpelesiran ke Pulau Anso, juga dibekali dengan kresek, (kantong plastik,red), sehingga nantinya kebersihan lingkungan di kawasan itu tetap bisa terjaga.

Prinsipnya lanjut Efendi Jamal, program pemberdayaan bahari di Kota Pariaman tidak hanya sebatas dalam bentuk pemanfaatan wisata saja, namun juga ikut melibatkan sejumlah pihak, di samping juga diwujudkan dalam bentuk keberpihakan anggaran lainnya. Baik itu, berupa dana APBD, Dana Alokasi Khusus dan lain sebagainya.

YURISMAN MALALAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad