Senin, 25 September 2017

SMKN 4 Pariaman Butuh Penambahan Fasilitas Belajar

Drs.Taharudin Kepala SMKN 4 Pariaman
Pariaman (Reportase Sumbar)---Sebagai sekolah yang terbilang masih berusia relatif muda  di Kota Pariaman, SMKN 4 Kota Pariaman saat ini agaknya masih sangat membutuhkan penambahan fasilitas belajar di samping sejumlah penambahan peralatan pendukung pembelajaran lainnya.

Karena itulah sepeti diakui Kepala SMKN 4 Kota Pariaman, Drs Taharudin, dengan adanya bantuan peralatan sebanyak 9 unit komputer yang diterima SMKN 4 Kota Pariaman baru-baru ini, yang berasal dari bantuan dana aspirasi anggota DPRD Sumbar, Endarmy, jelas sangat berarti bagi sekolah yang dipimpinnya itu.

Terlebih mengingat fasilitas komputer yang dimiliki SMKN 4 Kota Pariaman terbilang masih jauh dari cukup.

"Karena jika dibandingkan jumlah siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, maka idealnya sekolah ini harusnya  memiliki  70 sampai 100 unit komputer. Sementara yang ada saat ini baru  39 unit, termasuk bantuan 9 unit komputer yang baru diterima SMKN 4 Kota Pariaman," terang Taharudin, saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Di pihak lain, yang cukup membanggakan bagi pihaknya, ternyata animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SMKN 4 Kota Pariaman, yang terletak di Desa Taluak, Pariaman Selatan iini pada dasarnya cukup besar. Hal itu setidaknya terlihat saat penerimaan siswa baru yang berlangsung baru-baru ini. Dimana secara keseluruhan jumlah pendaftar yang melamar mencapai 700 orang.

"Sementara yang bisa diterima hanya sekitar 240 orang siswa saja. Hal itu tidak terlepas karena masih kurangnya ruangan belajar yang tersedia, untuk bisa menampung seluruh peminat yang ingin melanjutkan pendidikannya ke SMKN 4 Kota Pariaman ini," sebutnya.

Beranjak dari kondisi tersebut Taharuddin berharap, kiranya ke depan bisa lebih banyak lagi jumlah siswa baru yang bisa ditampung di sekolah tersebut. Minimal bisa menampung sekitar 50 persen dari seluruh pelamar yang ada, maka hal itu sudah cukup.

"Makanya ke depan kita tentu berharap, mudah-mudahan saja fasilitas pendukung pembelajaran di sekolah ini, terutama fasilitas ruangan belajarnya bisa terus ditambah dan ditingkatkan,"harapnya.

Selain fasilitas ruangan belajar, hal lain yang sangat dibutuhkan oleh SMKN 4 Pariaman, yaitu perlunya penambahan peralatan praktik, saat ini fasilitas pendukung praktik yang dimiliki SMKN4 Kota Pariaman juga terbilang masih sangat minim.

"Begitu pula untuk tenaga pengajar, mudah-mudahan ke depannya juga bisa terus ditambah secara bertahap, karena secara rill saat ini sekolah ini masih kekurangan tenaga guru sebanyak 20 orang lagi," terangnya.

Di pihak lain, Taharudin mengaku optimis, jika saja kekurangan fasilitas dan kelengkapan pendukung pembelajaran  di SMKN 4 bisa terus dilengkapi, maka ke depannya tentu akan sangat berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu tamatan yang dilahirkan oleh SMKN 4.

Untuk itulah pihaknya jelas sangat berharap dukungan dan bantuan berbagai pihak. Termasuk diantaranya dukungan dari pihak provinsi dan bantuan dari pihak pemerintah daerah, maupun pihak-pihak donatur lainnya.

Meski demikian, dengan berbagai keterbatasan yang ada saat ini, Taharudin mengaku pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas tamatan yang dilahirkan oleh SMKN 4 yang dipimpinnya itu. Sebagai muaranya, diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi tamatan SMKN 4 Kota Pariaman yang bisa diterima di dunia kerja. "Karena seperti diketahui, salah satu tolak ukur prestasi dan keberhasilan sebuah sekolah SMK itu, yaitu seberapa banyak tamatannya yang bisa  diterima di dunia kerja. Makanya itulah yang menjadi fokus dan prioritas utama bagi kita saat ini," imbuhnya.  

YURISMAN MALALAK

SHARE THIS

Author:

Terima Kasih Anda Telah Mengujungi Portal Berita Reportase Sumbar - Kami hadir mengabarkan berita terkini

0 komentar: