Rabu, 06 September 2017

Puskesmas Patamuan Tetapkan Program "SICEREK" Sebagai Layanan Unggulan

Puskemas Patamuan Kabupaten Padang Pariaman Tetapkan Program " SICEREK" Sebagai Layanan Unggulan
Patamuan ( Reportase Sumbar)---Puskesmas Patamuan, Kabupaten Padangpariaman telah menetapkan program Sicerek (Senyum, Sehat Ceria Generasi Emas) sebagai layanan unggulan atau branding bagi Puskesmas tersebut. Seperti diakui Kepala Puskesmas Patamuan, Ilyas Taufik saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin, dipilihnya layanan masalah kesehatan gigi sebagai branding di Puskesmas Patamuan tidak terlepas karena banyaknya ditemukan permasalahan kesehatan gigi anak di daerah itu, "Makanya dengan alasan itulah kita akhirnya menetapkan layanan masalah gigi sebagai branding di Puskesmas ini," ungkap mantan Kepala Puskesmas Ampalu itu. 

Ditegaskannya, adapun sasaran utama dari layanan masalah gigi di Puskesmas tersebut, terutamka ditujukan bagi anak-anak usia sekolah, khususnya untuk anak seusia pendidikan PAUD atau TK. Dimana dalam program ini, selain melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke sekolah-sekolah, kita juga ikut menyasar atau melibatkan para orang tua murid yang ada. "Jadi kalau ada anak yang ditemukan mengalami permasalahan gigi, maka orang tuanya pun akan ikut kita panggil, dan sekiranya ada biaya lain di luar  BPJS atau Jamkesda dan yang lainnya, hal itu nantinya akan dibicarakan lebih lanjut," imbuhnya.

Disebutkan, dengan ikut dilibatkannya para orang tua murid, ke depan mereka juga diharapkan bisa memiliki pengetahuan yang memadai untuk menjaga, merawat  dan mengawasi kesehatan gigi anak-anak mereka, Khususnya setelah anaknya berada di rumah, terutama anak-anak seusia PAUD atau TK. Dengan begitu. Demikian pula setelah dewasa nantinya, para anak-anak itupun juga diharapkan  bisa menyadari dan mengetahui, bagaimana harusnya melakukan perawatan gigi secara baik dan benar.

Di pihak lain Ilyas Taufik mengakui, bahwa Puskesmas Patamuan yang dipimpinnya itu saat ini juga terus berbenah diri, termasuk diantaranya dengan mencat guna mengubah performa atau tampilan dari puskesmas tersebut.

"Program pembenahan ini juga tentunya tidak terlepas  bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena dengan kondisi puskesmas yang tampak bersih dan indah tentu juga akan berdampak terhadap suasana nyaman bagi semua orang," terangnya.


Demikian pula halnya program pembehana itu juga diharapkan akan berdampak positif terhadap suasana kerja dan peningkatan produktivitas kerja bagi petugas kesehatan yang ada di lingkungan puskesmas tersebut.

Selain itu, Ilyas Taufik mengakui, program bersih-bersih yang dilakukan pihaknya saat ini juga tidak terlepas dari persiapan Puskesmas yang dipimpinnya itu dalam menghadapi penilaian Akreditasi pada tahun 2016 mendatang. Makanya sebagai persiapan untuk itu secara bertahap telah dimulai dari saat ini.

"Mudah-mudahan saja harapan kita ke depannya, Puskesmas ini nantinya bisa terakreditasi seperti yang kita harapkan bersama," sebutnya.

Diakuinya, saat ini beberapa fasilitas yang ada di Puskesmas Patamuan tersebut memang masih belum begitu memadai, sesuai dengan standar atau ketentuan akreditasi yang ada. Di9antaranya, mengingat belum memadainya kondisi ruangan layanan kesehatan yang ada, di samping juga belum adanya fasilitas ruangan layanan KB dan ruangan layanan Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA. "Makanya sesuai proses berjalan, kita bertekad berbagai kekurangan tersebut nantinya bisa terus dilengkapi secara bertahap. Untuk itulah sejak awal kita terus berusaha berbenah diri, sehingga puskesmas ini nantinya bisa meraih predikat akreditasi seperti yang diharapkan," terangnya.  (RS/001)



SHARE THIS

Author:

Terima Kasih Anda Telah Mengujungi Portal Berita Reportase Sumbar - Kami hadir mengabarkan berita terkini

0 komentar: