Kamenag Kota Pariaman Akan Tertibkan Biro Travel Umrah - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 11 September 2017

Kamenag Kota Pariaman Akan Tertibkan Biro Travel Umrah


Pariaman (Reportase Sumbar),---Jajaran Kantor Kementrian Agama, Kemenag Kota Pariaman, berencana bakal segera menertibkan keberadaan biro travel umrah yang ada di Kota Tabuik ini.

Hal itu seperti diakui Kepala Kemenag Kota Pariaman, HM Nur, terutama ditujukan demi terciptanya kenyamanan ibadah umat Islam yang akan menunaikan umrah ke Tanah Suci Makah.

"Karena itulah kita tentu mengimbau kepada para pengelola biro travel umrah yang beroperasi di sekitar Kota Pariaman, agar hendaknya mereka mau mendaftarkan keberadaannya melalui Kantor Kemenag Kota Pariaman, karena sampai saat ini ternyata masih banyak diantara biro travel yang melayani jasa perjalanan umrah di sekitar Kota Pariaman yang belum terdaftar di Kemenag Kota Pariaman ini," imbuh HM Nur.

Dari data yang dihimpun melalui Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, dari sekian banyak biro travel umrah yang beroperasi di  Kota Pariaman, tercatat baru dua diantaranya yang terdaftar secara resmi di Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman.

Dua Biro Travel Umrah tersebut, masing-masing PT Sianok Indah Holiday,  beralamat di Jalan Prof DR Hamka, Balai Nareh, Kecamatan Pariaman Utara, dan PT Penjuru Wisata Negeri, beralamat di Jl Bypass, KM 13, Cimparuah Kota Pariaman.

Selain itu, beberapa biro travel umrah lainnya saat ini juga diketahui tengah menyusul  mendaftar ke Kemenag Kota Pariaman.

HM Nur mengakui, sekalipun keberadaan perusahaan biro travel yang melayani jasa perjalanan umrah dimaksud telah terdaftar secara resmi di Kantor Wilayah  Kemenag Sumbar, namun tetap saja, bagi mereka yang membuka cabang di Kota Pariaman,   mesti  tetap harus melapor atau mendaftar ke  Kantor Kemenag Kota Pariaman.

"Karena bagi travel umrah yang tidak terdaftar di Kemenag Kota Pariaman ini, kita tentu tidak akan bisa mengeluarkan rekomendasi  pengurusan paspor untuk jamaah yang akan mereka berangkatkan. Dan itu  sudah menjadi komitmen kita untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," terangnya.

Terkait hal itu, HM Nur menyebutkan, dalam waktu beberapa hari ke depan, pihaknya bakal segera menggelar pertemuan atau mengundang sejumlah biro travel yang beroperasi di sekitar Kota Pariaman.

Sehingga dengan begitu diharapkan mereka bisa mendaftarkan keberadaannya ke Kantor Kemenag Kota Pariaman. "Jadi bagi mereka yang tetap tidak mau mengindahkan ketentuan ini, kita tentunya bisa saja menempuh tindakan tertentu, termasuk tidak tertutup kemungkinan menertibkannya," terangnya.

HM Nur menyebutkan, langkah itu memang sengaja dilakukan pihaknya, terutama untuk mengantisipasi berbagai aksi penipuan yang kerap merugikan para jamaah, seperti yang marak terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air, beberapa waktu belakangan ini.

Sekaligus nantinya diharapkan niat para jamaah untuk berkunjung ke tanah suci, juga bisa berjalan secara aman dan nyaman, tanpa adanya kekhawatiran akan dirugikan oleh pihak tertentu. "Karena itulah kita dari Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman, juga siap membuka diri untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, sekiranya ada yang diragukan terkait keberadaan travel umrah di Kota Pariaman," katanya.

Namun yang jelas, bagi masyarakat yang akan berangkat umrah, tentu harus memastikan bahwa perusahaannya harus jelas, demikian pula penanggungjawabnya. Demikian pula alamat biro travel yang bersangkutan. Begitu pula dengan kepastian penerbitan paspor, lokasi penginapan atau hotel, kepastian peswat keberangkatan dan lain sebagainya. (RS/001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here