Senin, 10 Juli 2017

Pasca Lebaran Dukcapil Padangpariaman, Diserbu Masyarakat


Pariaman ( Reportase Sumbar)---Pasca lebaran hari raya idulfitri 1438 hitjriah tahun 2017, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Padangpariaman diserbu masyarakat yang akan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta jenis surat-surat yang berhubungan dengan kependudukan.

Pantauan wartawan di lapangan, kemarin, masyarakat tersebut datang dari berbagai nagari dalam Kabupaten Padangpariaman. Mereka ada yang mengurus KTP dan KK serta jenis surat-surat yang berhubungan dengan kependudukan.

Masyarakat tersebut antrian dari mulai Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Padangpariaman buka. Masyarakat tersebut semua pada bersemangat mengurus KTP dan KK serta surat -surat yang berhubungan dengan kependudukan.

Kondisi demikian mencerminkan betapa pentingnya KTP dan KK bagi semua masyarakat Padangpariaman. Apalagi mesyarakat yang akan pergi merantau membutuhkan KTP dan KK atau masyarakat yang akan melansungkan pernikahan.

"Saya mengurus KTP, karena KTP adalah sebuah indentitas, kalau mau merantau kita telah memiliki KTP dan tidak perlu repot-repot lagi. Apalagi KTP sekarang berlaku seluruh Indonesia," kata Dina Rizal salah seorang masyarakat yang mengurus KTP kepada wartawan kemarin.

Ia mengaku segaja datang pagi-pagi dari Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman ke Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Padangpariaman untuk mengurus KTP agar dapat pertama nmor antriannya.

Dikatakan, mengurus KTP orangnya banyak dan memakai nomor antrian, karena itulah butuh datang pagi-pagi. "Dengan datang pagi-pagi tentu saya dapat nomor antrian pertama dalam mengurus KTP. Sekarang saya telah selesai rekan data dan menunggu dua bulan untuk proses penyelesaian KTP," ungkapnya.

Terpisah, Kepala  Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Padangpariaman M Fadly dan Kasubag Perencanaannya, Darmanhuri ketika menjawab pertanyaan wartawan, kemarin, mengakui siap lebaran ini ramai masyarakat bagi masyarakat yang membuat KTP atau KK.

"Pengurusan KTP setelah perekaman ini langsung online ke pusat. Tergantung dari pusat selesai percetakan KTP, kalau telah dikembalikan pihak pusat ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Padangpariaman langsung dicetak KTP disini," ujarnya.

Katanya, semua masyarakat tertib dalam mengurus KTP dan KK. Bagi masyarakat yang butuh KTP sementara bisa dikeluarkan oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Padangpariaman menjelang KTP yang onliine sampai blangkonya. (ris)


SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: