Ticker

6/recent/ticker-posts

NU Solok Sambut Baik Hadirnya Universitas Nahdlatul Ulama Sumbar


Foto bersama Rektor UNU Sumbar Rudi Kusuma, Ketua PCNU Kabupaten Solok Rusli Intan Sati, Wakil Rektor I Nazaruddin dan Wakil Rektor III Arianto,  Sabtu (22/7/2017)   di kediaman Ketua PCNU Kabupaten Solok. (Fhoto : Armaidi Tanjung )

Solok, (Reportase Sumbar)---Pengurus Cabang Nahdaltul Ulama (NU) Kabupaten Solok menyambut baik hadirnya Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat. Perguruan tinggi ini dapat menampung tamatan SLTA yang berasal dari masyarakat Solok, terutama generasi muda Nahdlatul Ulama  di kawasan Kabupaten Solok dan sekitarnya.

Demikian diungkapkan Ketua PCNU Kabupaten Solok Rusli Intan Sati saat menerima rombongan Rektor UNU Sumatera Barat, Sabtu (22/7/2017) di kediamannya Arosuka, Solok. Rektor UNU Rudi Kusuma  didampingi Wakil Rektor  II  Nazaruddin dan Wakil Rektor III Arianto.

Menurut Rusli, kehadiran UNU Sumbar memang sudah sejak lama ditunggu-tunggu masyarakat. Dengan sudah adanya UNU ini, maka bertambah alternatif lain bagi lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Sumatera Barat. “Kami akan sosialisasikan keberadaan UNU ke masyarakat Solok dan memfasilitasinya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di UNU,” kata Rusli mantan Ketua PW GP Ansor Sumbar ini.

Rusli juga berharap kepada Rektor UNU Sumbar untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa  asal  Kabupaten Solok yang direkomendasikan oleh PCNU Solok  nantinya.

Sementara itu, Rektor UNU Sumbar Rudi Kusuma menyebutkan, kedatangannya ke PCNU Solok dalam rangka sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. “Sebagai perguruan tinggi yang baru berdiri, kita membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk dari Pengurus Cabang NU Kabupaten Solok ini,” kata Rudi menambahkan.

Dikatakan, UNU Sumbar untuk umat dan mencerdaskan umat  dengan meningkatkan sumber daya umat dengan  5 fakultas dan 10 program studi diharapkan mampu menjadi pilihan bagi lulusan SLTA untuk kuliah di UNU Sumbar ini. “Prodi yang ditawarkan masing-masing Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Ekonomi Islam, Agrobisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Lingkungan, Manajemen Sumber Daya Perairan dan Budi Daya Perairan,” kata Rudi menambahkan.

Untuk itu, kata Rudi, kuliah di UNU Sumbar cukup dengan membayar Rp 1,5 juta sudah dapat kuliah. Sekarang UNU Sumbar bekerjasama dengan Yayasan Tridharma Kosgoro dalam pemakaian fasilitas kampus yang beralamat di jalan Ikhlas VII Andalas Padang.

Dikatakan Rudi, UNU memberikan kesempatan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi  dan dari keluarga kurang mampu. Beasiswa berasal dari Yayasan dan Ristek Dikti. Sedangkan beasiswa dari  PBNU untuk melanjutkan pendidikan ke pascasarjana dalam dan luar negeri. Penempatan kerja bagi lulusan UNU Sumbar di badan usaha milik NU dan pihak lain yang sudah menjalinkan kerjasama.

Wakil Rektor III UNU Sumbar Arianto menambahkan, UNU Sumbar akan mengembangkan kegiatan mahasiswa ke arah wirausaha untuk melahirkan sarjana yang entrepreneur ke depannya.   “Mudah-mudahan dengan sosialisasi yang dilakukan PCNU Kabupaten Solok nantinya akan memperluas jangkauan UNU Sumbar ini terhadap calon mahasiswanya,” tutur Arianto yang juga Sekretaris Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Sumatera Barat ini mengakhiri. (rel/at)


Posting Komentar

0 Komentar