Rabu, 21 Juni 2017

Pemko Padangpanjang Rencanakan Shalat Idul Fitri, di GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh

Padangpanjang ( Reportase Sumbar )– Pemerintah Kota Padangpanjang pastikan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 hijriyah jatuh pada tanggal 25/6 mendatang, kepastian tersebut hasil kesepakatan antara organisasi Islam yang ada di Padangpanjang bersama pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

“Insyaallah lebaran tahun ini kita menetapkan jatuh pada tanggal 25/6 meskipun demikian kita tetap mengikuti hasil sidang isbat Kementrian agama RI. Tahun ini tidak ada perbedaan waktu awal puasa dan perayaan lebaran dan di prediksi, aan tetap serentak hingga tiga tahun mendatang,” ungkap Kabag Kesra Setdako Padangpanjang Eri Katik Majo Endah, diruang kerjanya, Selasa (20/6) kemaren.

Terkait menyambut Idul Fitri 1438 hijriyah mendatang, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat diharapkan tidak melakukan takbiran keliling kekota dalam bentuk konvoi menggunakan kendaraan, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan lain-lainnya.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kita mengajak masyarakat untuk melasanakan takbiran di semua masjid dan musholla yang ada di Kota Padangpanjang, pemerintah Kota Padangpanjang akan melibatkan semua OPD untuk berpartisipasi aktif di masjid-masjid dan musholla tersebut,” jelas Eri Katik Majo Endah.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri ditetapkan di lapangan Bancah Laweh GOR Khatib Sulaiaman, awalnya untuk lokasi pelaksanaan sholat I’d ditunjuk di beberapa lokasi, diantaranya Lapangan Brigjen Anas Karim Kantin, Lapangan Khatib Sulaiaman dan depan PDAM jalan M.Yamin-Soekarno Hatta.

“Dari beberapa lokasi yang sempat diapungkan, disepakati pelaksanaan sholat I’d di lapangan beraspal GOR Khatib Sulaiaman Bancah Laweh, nantinya bertindak sebagai khatib H. Masfud Mustia. LC dari Pondok Pesnatren Thawalib Gunuang dengan Imam, H. Suardi, dari Pondok Pesantren Serambi Mekkah,” papar Kabag Kesra.

Sedianya dalam menyambut dan memeriahkan lebaran tahun ini, di apungkan beberapa lokasi selain lapangan bancah laweh, sebagai tempat pelaksanaan sholat I’d, namun dari dua lokasi tersebut terkendala beberapa hal, diputusan lokasi pelaksanaan sholat I’d tahun ini di lapangan beraspal Bancah Laweh.

Lapangan beraspal bancah laweh, juga pernah digunakan sebagai lokasi pelaksanaan sholat I’d beberapa tahun alu, namunbeberapa tahun emudian kembali dialihkan ke lapangan Brigjen Anas Karim dan seputar pasar kuliner saat ini. (***/www.pasbana.com)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: