Senin, 26 Juni 2017

Lebaran Kali Ini Masyarakat Tiku Bantai 103 Ekor Sapi dan Kerbau

Pemotongan Kerbau ( Fhoto : Internet )
Lubuk Basung ( Reportase Sumbar ) – Tradisi mambantai atau pemotongan hewan sapi dan kerbau, dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah kerap kali digelar. Sepeti halnya di Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam pada Sabtu (24/6) dini hari melakukan pemotongan hewan sebanyak 103 ekor.

Mulai dari pemotongan biasanya warga sudah mulai berdatangan untuk membeli daging segar tersebut, bahkan juga sempat berdatangan warga dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

Tradisi ini sudah lama berlangsung, yang merupakan tradisi turun temurun sejak dahulu kala, yang harus digelar setiap tahunnya. Di mana biasanya digelar H-1 jelang lebaran

Kasi PNM Tanjung Mutiara Weri Ikhwan menyebutkan, tradisi mambantai dilakukan bersama para pedagang daging segar dari berbagai wilayah, seperti Lubuk Basung, Tanjung Raya, bahkan ada dar Bukittinggi dan Payakumbuh yang sengaja buka lapak di Pasar Tiku setiap tahun.

Penyembelihan hewan pada kali ini tercatat sebanyak 103 ekor sapi dan kerbau, dengan harga daging berkisaran Rp130.000 – Rp140.000 per-kilogram.

“Kegiatan ini berjalan lancar, karena seluruh petugas turun memeriksa kondisi ternak serta pemeriksaan hal-hal lainnya,” ujarnya.

Pemotongan hewan massal untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat dalam rangka menyambut Idul Fitri, menjadi tradisi warga di berbagai kecamatan di Agam, seperti halnya yang sama digelar di Bawan Kecamatan Ampek Nagari melakukan pemotongan hewan sebanyak 75 ekor sapi.
sumber : www.hariansinggalang.co.id

SHARE THIS

Author:

Terima Kasih Anda Telah Mengujungi Portal Berita Reportase Sumbar - Kami hadir mengabarkan berita terkini

0 komentar: