Sabtu, 24 Juni 2017

Jalur Sicincin-Malalak Jelang Lebaran H-2 Masih Lancar

Malalak (Reportase Sumbar) -- Arus lalulintas jalur alternatif Padang-Bukittinggi Sicincin Malalak Balingka masih lancar-lancar saja pada H-2 lebaran,


Pengendara yang akan melintas jalur ini mesti ekstra hati-hati. Apalagi melintas saat malam hari, karena jalur ini sangat minim lampu penerangan jalan. Saat pagi, siang maupun sore hari, jalur yang membelah pinggang pegunungan ini sering tertutup kabut tebal. Ini sangat perlu diwaspadai oleh pengendara.


Saat jalur disungkup kabut tebal, jarak pandang berkendaraan sangat terbatas. Jarak pandang berkisar hanya dua hingga tiga meter saja.Saat kabut gunung turun menyelimuti jalur ini, cukup sulit bagi pengendara mendeteksi kendaraan yang melaju dari arah berlawanan.


Justru itu pengendara sangat disarankan agar menghidupkan lampu depan kendaraan saat melintas dalam kondisi jalur berkabut.Pengendara juga harus mewaspadai penyempitan jalan di beberapa titik di sepanjang jalur Sicincin Malalak Balingka, terutama di lokasi-lokasi bekas longsoran.


Dari pantauan penulis pada H-2 lebaran, Jum'at (23/6/2017) di lokasi penyempitan jalan sangat minim, bahkan tak ada rambu-rambu peringatan. Bahkan tak ada lampu penerangan. Rambu penanda yang ada hanya berupa gundukan tanah yang dipasangi garis polisi dan dibentangkan di sepanjang jalan yang sempit.

Saat siang hari, di beberapa lokasi penyempitan jalan, terutama yang dekat dengan pemukiman, ada anak-anak kecil yang mengais rejeki dengan sukarela mengatur lalulintas kendaraan.

Di lokasi penyempitan jalan, anak-anak kecil itu mengatur antre kendaraan yang akan melintas dengan menerapkan sistem buka tutup jalan dari dua arah.


Kendaraan dari arah berlawanan mesti bersabar mengikuti petunjuk anak-anak tersebut. Saat melintas, jangan lupa mengisi kotak kardus dengan uang seikhlasnya. Dalam kondisi cuaca cerah, jalan yang mulus dengan tikungan-tikungan manis  sangat menjebak dan berbahaya bagi pengendara.

Apalagi bagi pengendara yang baru pertama kali menempuh jalur Sicincin Malalak Balingka.  Sesekali jangan tergoda memacu kecepatan kendaraan di jalur ini. BERBAHAYA.

Sangat tak disarankan melintas di jalur Sicincin Malalak Balingka dalam kondisi cuaca hujan lebat. Jalur sangat rawan longsor. (Oleh: Tomi Tanbijo / Instagram)



SHARE THIS

Author:

Terima Kasih Anda Telah Mengujungi Portal Berita Reportase Sumbar - Kami hadir mengabarkan berita terkini

0 komentar: