Minggu, 18 Februari 2018

Pemko Pariaman Komit Wujudkan Wisata Terpadu

Pariaman (Reportase Sumbar)---Sebagai salah satu kawasan destinasi wisata utama di Provinsi Sumatera Barat, Kota Pariaman memang dikenal memiliki banyak potensi keindahan alam yang layak dijual kepada para pengunjung yang datang ke Kota Pariaman. Sebut saja misalnya panjang garis pantai yang ada di Pariaman yang diperkirakan mencapai 12 KM lebih itu, seluruhnya nyaris terhampar pesona  demi pesona keindahan alam, lengkap dengan bentangan pasir pantainya yang mampu memanjakan setiap  orang yang memandangnya.

Agaknya dengan alasan itupula, sangat beralasan kiranya jika pihak Pemko Pariaman di bawah kepemimpinan Walikota Pariaman, H Mukhlis Rahman dan Wakil Wali Kota Pariaman, H Genius Umar  berkomitmen kuat untuk membenahi sejumlah kawasan objek wisata pantai yang ada di daerah pesisir Barat pula Sumatera ini.

Teranyar seperti diakui Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Elvis Candra, Pemko Pariaman melalui Dinas Pariwisata Kota Pariaman tidak hanya fokus pada pembenahan fisik saja, namun  lebih dari itu,  pembenahan dan pelestarian lingkungan yang ada di sekitar kawasan objek wisata pantai yang ada di Kota Pariaman juga bakal menjadi perhatian khusus.

"Makanya salah satu program kita ke depan yaitu bagaimana mengembangkan konsep ekowisata di sekitar wilayah pesisir pantai Pariaman, tepatnya di sekitar kawasan pantai Mangguang yang dikenal sangat kaya dengan potensi mangrove nya," demikian ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata Pemko Pariaman, Elvis Candra, dihubungi di ruang kerjanya baru-baru ini.

Lebih jauh  Elvis Candra berharap, agar kedepannya program ekowisata yang dikembangkan  di  kawasan pantai Mangguang Pariaman  bisa menjadi alternatif baru bagi para pengunjung untuk dapat menikmati pesona keindahan alam yang sarat dengan nuansa lingkungannya itu.
Meski demikian lanjut Elvis Candra,  program ekowisata dimaksud sifatnya diharapkan tetap bersifat terpadu dengan pengembangan kawasan objek wisata pantai lainnya yang telah ada ada di Kota Pariaman.

Termasuk diantaranya, program pengembangan ekowisata yang ada di sekitar kawasan pantai Mangguang juga tetap akan disejalankan dengan program pengembangan wisata lainnya yang ada di Kota Pariaman. Termasuk diantaranya akan tetap disejalankan dengan pengembangan kawasan pantai Gandoriah, pantai Cermin, pantai Kata dan lain sebagainya.

“Dengan begitu program pengembangan ekowisata dimaksud untuk ke depannya tetap diharapkan bisa lebih menunjang pengembangan sejumlah objek wisata lainnya yang ada di Kota Pariaman selama ini. Hanya saja dengan hadirnya program pengembangan ekowisata tersebut, bisa menjadi alternative lain bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Kota Pariaman,” sebutnya.

Diakuinya, potensi garis pantai Pariaman yang panjangnya lebih dari 12 KM meter tersebut tentunya jelas merupakan potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk mengundang lebih banyak lagi kehadiran wisatawan ke Kota Pariaman.

Karena seperti disadari, dari 12 KM lebih panjang garis pantai yang ada di Kota Pariaman, baru sekitar 40 persen diantaranya yang telah ditetapkan sebagai destinasi bagi kunjungan wisatawan. Sementara sekitar 60 persen potensi pantai lainnya, bisa dikatakan masih belum tergarap secara optimal.

“Jadi inilah salah satunya yang akan menjadi prioritas utama bagi kita untuk ke depannya. Yaitu bagaimana bisa mengembangkan dan mengoptimalkan seluruh potensi  pantai yang ada di Kota Pariaman sebagai kawasan wisata terpadu. Tentunya dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungannya, sebagaimana yang terdapat di kawasan program ekowisata di kawasan pantai Mangguang, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui lanjut Elvis Candra, bahwa Kota Pariaman selama ini lebih banyak bertumpu pada pengembangan sektor wisata yang ada, karena seperti diketahui, bahwa Kota Pariaman sendiri tidak memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa diandalkan, seperti yang terdapat di sejumlah daerah lainnya.
Baik itu dalam hal sektor pertambangan, sektor energi dan lain sebagainya.

“Makanya dengan alasan itulah Pemko Pariaman sangat serius untuk terus mengembangkan potensi unggulan yang dimilikinya selama ini. Yaitu sektor pariwisata. Dengan begitu diharapkan orang yang dating berkunjung ke Kota Pariaman bisa memiliki banyak pilihan, dan dampaknya diharapkan para pengunjung juga diharapkan akan semakin ramai datang ke Kota Pariaman ini,” sebutnya.

Karena itulah lanjutnya beberapa potensi pantai yang masih tersisa yang masih belum tergarap sebagaimana mestinya ke depan akan terus dikembangkan. Karena bagaimanapun potensi tersebut layak disebut bak harta karun yang masih terpendam, sehingga perlu terus dioptimalkan pada masa-masa mendatang. (ris) 

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: